Sabtu, 07 September 2013

Metode KB untuk Pria

Metode KB untuk Pria - Terkait rencana BKKBN dalam menekan angka kelahiran di negri ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menargetkan sebanyak 100.000 pria menjadi peserta KB atau akseptor baru di tahun 2011 melalui operasi medis vasektomi . Artinya, KB tidak melulu di tekankan pada wanita tapi juga kepada pria agar dua duanya bisa berjalan maximal.


Menurut data terkait, bahwa cara ber-KB pria di indonesia biasanya dilakukan dengan cara pantang berkala yaitu metode berhubungan yang di jadwal sesuai penanggalan masa subur,juga ada metode senggama terputus yaitu tidak menyemprotkan sperma pada mulut rahim. Juga ada metode Kb dengan menggunakan kondom,  tapi konon kondom di anggap tidak memberikan kepuasan lebih karna terganjal.Dan metode yang sedang di coba oleh BKKBN untuk 2011 ini adalah dengan cara vasektomi.

Apa itu Vasektomi ? 
Vasekotomi adalah adalah tindakan medis dengan memotong saluran sperma yang menghubungkan buah zakar dengan kantong sperma,  sehingga tidak dijumpai lagi bibit dalam ejakulat seorang pria. Pada wanita, metode serupa di sebut dengan tubektomi.

Metode Kerja vasektomi : 
Vasekotomi mungkin bisa di samakan dengan kalimat kebiri. Artinya, Prinsip dasar dari vasekotomi ini adalah bagaimana menjadikan  pipa saluran spermatozoa atau sel benih vasa deferens pria agar betul-betul dibuat buntu.  Kita tahu saluran sel benih yang sebesar kabel telepon berada di dalam kantong buah zakar (scrotum), Pipa ini menjadi  penghubung yang mengalirkan sel benih yang diproduksi oleh buah zakar menuju kelenjar prostat yang berada d atasnya,  di luar kantong zakar.Di dalam prostat, sel benih lalu direndam oleh media berupa getah yang diproduksi oleh prostat.  Selain itu disiram pula oleh cairan seminal, sehingga volumenya menjadi lebih banyak. Campuran  ketiganya itu menjadi apa yang kita kenal sebagai air mani atau sperma.

Resiko Keluhan Pasca Vasektomi : 
Keluhan paling sering berupa pembengkakan kantong buah zakar, selain rasa nyeri berkepanjangan di sekitar situ
(post vasectomy pain syndrome). Pada nyeri yang berkepanjangan biasanya lantaran kondisi buah zakar memang sudah  bermasalah sebelum vasektomi dilakukan. Mungkin sudah ada infeksi menahun di sana, kalau bukan ada tumor atau kanker buah zakar. Untuk mencegah yang tidak mengenakkan itu, sebaiknya kantong buah zakar diberikan kompres es dalam 24 jam pasca vasektomi, selain tetap memakai celana berpenyangga, dan pastikan tidak terinfeksi. Pembengkakan, muncul gejala merah meradang pada kantong buah zakar, berarti kemungkinan sudah terjadi infeksi di sana.

Kesimpulan : 
KB dengan pantang berkalan melalui penanggalan yang jelas dan tepat adalah solusi baik,tapi tentu tak selalu aman dari resiko kehamilan, karna yang namanya kebelet…anda bisa tebak sendirilah rasanya. dan KB dengan metode semprot di luar juga tidak menjamin bebas resiko.  Kalau harus mengambil jalan KB dengan vasektomi, anda pikir pikir lagi resikonya. Dan yang sedikit aman mungkin dengan cara menggunkana Kondom.  Tapi ingat, jangan sampai kondomnya bocor atau bolong duluan sebelum bertempur. Jangan lupa juga,kondom yang habis di pakai harap di buang pada tempat yang aman, yang jauh dari jangkauan anak anak,jangan sampai anda di interogasi oleh anak sendiri.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar